Inilah Alasan Kenapa Anda Gagal Untung — Dan Cara Mengubahnya Sekarang

Banyak pebisnis merasa sudah bekerja keras, namun keuntungan yang diharapkan tidak kunjung datang.
Faktor #1: Kurang Mengendalikan Arus Kas
Banyak pemilik brand kesulitan guna mendapatkan laba akibat kurang mengelola arus kas. Nyatanya, cash flow merupakan inti brand. Jika tanpa aliran modal lancar, keuntungan sulit diraih.
Penyebab #2: Salah Memilih Nilai Jual
Menentukan pricing layanan bukan sekadar perkara murah. Apabila nilai jual begitu minim, bisnis kamu akan sulit dalam menutup pengeluaran. Namun, jika pricing sangat mahal, customer bisa lari pada pesaing.
Penyebab #3: Minim Menganalisis Target
Blunder utama lainnya yakni kurangnya pemahaman atas pasar. Wirausaha kadang memasarkan layanan yang kurang relevan dengan keinginan konsumen. Akibatnya, langkah bisnis kurang berjalan.
Alasan #4: Mengabaikan Pemasaran
Bisnis yang berpusat pada proses internal jika tanpa promosi kuat mudah kesulitan mendapatkan konsumen target. Pemasaran merupakan media bagi menghubungkan nilai bagi target.
Faktor #5: Minim Inovasi
Market selalu bergerak. Apabila usaha perusahaan kurang mengembangkan layanan, customer akan bosan. Malahan, pesaing yang lebih cepat akan mengambil porsi pasar Anda.
Langkah Mengatasi Kegagalan Ke Arah Laba
Hal positifnya, hampir semua faktor tidak untung bisa diperbaiki. Awalilah dengan laporan finansial rapi. Kemudian lewat pemahaman target detail. Jangan ragu mengalokasikan dana promosi. Dan jangan lupakan, lakukan kreativitas melalui rutin.
Ringkasan
Kerugian dalam bisnis tidak selesai segalanya. Dengan pendekatan tepat, pelaku bisnis akan memperbaiki kesalahan menjadi profit. Faktornya ada pada manajemen keuangan, pengetahuan target, promosi kuat, dan inovasi konsisten.




